Home  |  Artikel  |  View All    Adaptor    Aksesoris    BNC    CCTV    DVR    GPS    Kabel    LED    Power Supply

Rahasia DVR Dalam Perangkat CCTV

Sebuah perangkat elektronik akan bekerja optimal jika terdapat saling berkesinambungan antar komponen. Seperti tubuh jika hanya memiliki tangan tanpa ada kaki maka seseorang tidak mampu berjalan meskipun mampu menulis, membaca, makan, dan yang lain. Sebuah CCTV pun juga demikian, hanya kamera CCTV tanpa layar monitor, maka tidak berfungsi baik. Namun dua komponen itu saja ternyata belum cukup. CCTV masih memerlukan dukungan berupa dvr cctv. DVR merupakan singkatan dari digital video recorder yang harus ada dalam CCTV guna menyambungkan rekaman kamera menuju layar monitor. Tanpa ada DVR maka CCTV hanyalah kamera biasa yang tidak mampu terlihat apa saja obyek yang terbidik oleh lensa. Sehingga DVR diproduksi guna mendukung kinerja dari kamera keamanan seperti CCTV.

DVR bekerja keras untuk menjaga rekaman kamera dalam monitor tetap aman. DVR bekerja keras menampilkan setiap sisi kinerja CCTV dengan optimal. Kamera akan dapat menangkap setiap obyek dengan baik, menghasilkan proporsi video yang direkam secara optimal, bahkan dengan adanya DVR maka mampu dihubungkan ke perangkat internet. Sebuah CCTV tidak hanya sekadar kamera yang merekam obyek di tempat tertentu. Namun juga berfungsi untuk menyimpan hasil rekaman secara optimal yang tersimpan dalam flash drive USB atau semacam hard disk. Seperti komputer yang sudah dibekali media penyimpanan dengan kapasitas tertentu. Dan memang jika kapasitas pada DVR habis maka perlu memindah kapasitas yang telah terpakai dalam media lain.

Bagi beberapa orang memang belum mengenal baik apa itu DVR. Sayang jika Anda juga hanya sebatas mengenal CCTV tanpa mengenal komponen DVR yang berperan besar dalam kinerja CCTV itu sendiri. Sebelum menjelaskan lebih jauh peran DVR, pernahkah Anda berpikir bagaimana satu layar monitor dapat merekam beberapa tempat. Anda tentu pernah melihat layar monitor CCTV yang terbagi menjadi empat sampai beberapa yang merekam kegiatan setiap tempat secara berbeda-beda. Satu layar monitor memang cukup untuk menayangkan rekaman dari beberapa CCTV Namun CCTV tidak mampu merekam beberapa tempat secara bersamaan.

Perlu CCTV dengan jumlah yang sesuai keperluan pemasangan. Lalu bagaimana praktisnya layar monitor menampilkan beberapa rekaman jadi satu tentu karena peran DVR. Komponen DVR CCTV yang membuat satu layar monitor terbagi dalam beberapa tempat. Sehingga pengawas layar monitor cctv tidak perlu melihat layar monitor sejumlah CCTV yang terpasang. Jauh sangat lebih praktis dan tentu saja tidak melelahkan mata pengawas. Jika Anda berencana menempatkan di rumah karena kebetulan lokasi tempat tinggal Anda sedang rawan pencurian, maka DVR aka berperan dengan baik. Anda pun tidak akan capek mengawasi monitor karena cukup satu buah layar monitor saja yang akan Anda lihat. Apa jadinya jika DVR tidak terdapat dalam CCTV. Anda tentu butuh membeli monitor sesuai jumlah CCTV yang terpasang yang tentu saja akan memboroskan.

Produksi CCTV memang telah dipikirkan secara matang. Terlebih CCTV berperan sebagai kamera untuk menjaga setiap tempat dengan lebih aman. Dukungan dari dvr cctv semakin menjadikan CCTV lebih bekerja secara akurat sebagai kamera pengawasan. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki CCTV perlu melihat sudah berapa banyak kapasitas DVR yang terpakai. Jika sudah hampir penuh, lebih baik pindah pada hard disk lain. Atau pilih rekaman yang menurut Anda penting utnuk tetap disimpan atau hapus jika selama itu, CCTV tidak merekam kejadian yang penting.

Sumber


Seen 1825 times